Cara Menghasilkan Uang Secara Online Di Internet

Uang


Di masa pandemi ini, otak harus tetap terus kreatif dalam mencari sumber pemasukan baru. Ditengah banyaknya PHK, bertambahnya pengangguran, meningkat nya harga-harga kebutuhan pokok, kita harus tetap bisa bertahan demi keberlangsungan hidup.

Sebenarnya, banyak cara menghasilkan uang di internet. Beberapa hal dibawah ini hanyalah sebagian kecil caranya, versi lengkap akan saya tulis kapan-kapan.

Berikut adalah sebagian cara untuk menghasilkan uang secara online di internet.


Jual barang bekas pakai Anda

Jika Anda melihat dengan baik di sekitar rumah Anda, kemungkinan ada beberapa hal yang tidak lagi Anda butuhkan yang bisa dijual secara online. Anda dapat menggunakan situs seperti Facebook Marketplace, atau Shopee untuk menjual hampir semua hal; dari pakaian yang tidak lagi Anda kenakan, peralatan dapur, dan furnitur. Anda akan terkejut barang bekas Anda dibeli, dan barang lama Anda itu mungkin bisa digunakan oleh orang lain.



Gunakan situs survei.

Anda dapat bergabung dengan situs survei online dan mengisi survei konsumen dan kuesioner untuk memperoleh uang. Survei ini digunakan oleh perusahaan sebagai penelitian. Anda dapat menyelesaikan survei tentang topik apa pun, misalnya kebiasaan belanja bahan makanan Anda atau penggunaan teknologi Anda.



Penulisan freelance.

Jika Anda memiliki pengalaman menulis, Anda bisa mendapatkan beberapa pekerjaan menulis lepas dengan sejumlah publikasi dan situs web. Lihatlah situs pekerjaan populer seperti Seek atau bagian pekerjaan di LinkedIn untuk peran Anda. Perlu diingat, pekerjaan ini tidak selalu diiklankan, jadi Anda mungkin lebih baik mengirim email ke perusahaan secara langsung dan bertanya apakah ada pekerjaan freelance online yang tersedia.



Menulis e-book.

Jika Anda seorang ahli di bidang yang menarik bagi audiens yang besar, pertimbangkan untuk membuat buku dan menerbitkannya sendiri melalui Amazon atau Google Play Book. Misalnya, apakah Anda memiliki banyak pengetahuan tentang pasar saham dan berinvestasi. Apakah Anda tahu banyak tentang soal memasak, dan memiliki beberapa resep Anda rahasia untuk dijual?



Posting yang disponsori/endorse

Jika Anda memiliki pengikut media sosial yang banyak (mungkin Anda memiliki beberapa ribu pengikut Instagram) beberapa merek akan tertarik untuk membayar Anda untuk memposting tentang produk mereka. Coba dekati beberapa merek yang lebih kecil terlebih dahulu, dan pastikan mereka sejajar dengan konten Anda yang ada. Misalnya jika banyak posting Instagram Anda adalah gambar Anda di ski salju, pita peralatan ski kecil akan menjadi tempat yang baik untuk memulai.



Pemasaran afiliasi.

Jika Anda memiliki situs web atau blog, pemasaran afiliasi dapat membantu Anda mendapatkan uang dari menjual produk dan layanan tertentu melalui situs Anda. Situs afiliasi akan memberi Anda tautan yang dipersonalisasi untuk ditempatkan di berbagai situs milik Anda, dan setiap kali penjualan dilakukan melalui tautan itu, Anda mendapatkan sebagian kecil dari keuntungan penjualan.

Buat video di YouTube.

Jika Anda memiliki keahlian tertentu, atau Anda memiliki hobi yang mungkin diminati orang lain, coba posting beberapa video ke YouTube. Misalnya jika Anda hobi memancing, Anda dapat mencoba memposting beberapa video dengan tips dan trik untuk menangkap ikan terbaik. Setelah Anda membangun audiens, Anda dapat mulai menghasilkan uang melalui iklan.



Bimbingan belajar online.

Anda dapat mengajar siswa secara online dalam berbagai topik, dari matematika atau bahasa Inggris hingga ilmu komputer atau bahasa asing. Situs seperti LearnMate memungkinkan Anda mendaftar untuk menjadi tutor online di area subjek pilihan Anda.



Jual layanan kecil.

Situs seperti Fiverr memberi Anda kesempatan untuk mendapatkan uang dengan keterampilan khusus. Pekerjaan ini melakukan hal seperti merekam voice over, menerjemahkan dokumen ke bahasa lain, membuat video pendek atau materi promosi.



Jual foto.

Stok foto telah menjadi bisnis besar, dan situs seperti Shutterstock disiapkan untuk membantu Anda menjual foto-foto anda. Mereka memposting gambar karya Anda di toko virtual mereka, dan berbagi komisi penjualan untuk tiap foto Anda yang laku di beli oleh pengguna dari seluruh dunia.