Inilah 6 Gejala Jika Matamu Mulai Mengalami Katarak

katarak


Dr Rajesh Mishra, yang merupakan dokter ahli Konsultan Katarak dan Glaukoma di Advanced Eye Hospital, Vashi mengatakan, mata katarak pada tahap awalnya hanya memiliki efek yang sedikit, disebabkan tergantung di mana letak katarak itu sendiri.

Melakukan tindakan pencegahan sebelum katarak memasuki tahap lanjut menjadi hal yang penting, seperti dikutip dari The Health Site, ada beberapa gejala katarak yang dapat dirasakan seseorang, sebagai berikut:

1. Penglihatan tidak fokus.

Salah satu tanda katarak, saat melihat suatu obyek atau benda, penglihatan cenderung kabur dan warna
lensa mata berubah menjadi abu-abu atau tidak jernih.

2. Penglihatan remang-remang. 

Hal ini dapat mempengaruhi katarak pada mata, di mana pengelihatan
menjadi dua kali lebih remang. Saat melihat sinar yang berasal dari lampu, di satu kasus banyak orang mengalami pengelihatan ganda.

3. Mata lebih sensitif terhadap sinar terang.

Jika Anda mengalami kepekaan terhadap cahaya disertai dengan penglihatan tidak jelas, segeralah melakukan tes katarak, karena dua gejala yang muncul secara bersamaan ini pertanda katarak pada mata.

4. Warna memudar. 

Mata dengan katarak akan mengalami pengelihatan pada warna kian memudar. Setiap warna yang dipandang berubah menjadi lebih pudar atau tak seterang aslinya.

5. Kesulitan membaca. 

Gejala pada katarak juga menyebabkan kesulitan saat membaca koran atau buku yang berwarna hitam-putih.

6. Sulit mengemudi di malam hari. 

Gejala lain dari mata katarak ialah saat mengemudi kendaraan di malam hari, penglihatan akan semakin kabur dan lampu kendaraan yang melaju akan jauh lebih silau dari biasanya.

Jika Anda ada dan sudah mengalami salah satu atau beberapa dari gejala-gejala tersebut, berkonsultasilah dengan dokter ahli mata untuk segera mendapatkan pengobatan.