Jangan Dibuang, Ini Manfaat Kulit Telur Untuk Kesehatan Tulang

kulit telur


Kebanyakan orang sudah tahu mengenai manfaat kesehatan putih dan kuning telur. Namun, sudah tahukah Anda soal manfaat dari memakan cangkang telur ? 

Umum nya cangkang atau yang biasa disebut kulit telur dibuang ke tempat sampah dan hanya menggunakan isinya saja untuk dikonsumsi. Uniknya, cangkang telur terdiri dari 95 persen kalsium karbonat yang menyediakan sekitar dua gram kalsium.

Kulit telur ternyata mampu meningkatkan kesehatan tulang dan otot, serta mengurangi rasa sakit akibat osteoporosis. Selain itu, kulit telur membantu mengurangi masalah seperti sakit maag dan gangguan sistem pencernaan lainnya.

"Cangkang telur dianggap sebagai sumber kalsium yang baik. Hampir dua kali lipat kalsium harian yang terkandung dalam satu cangkang telur," ujar Frida Harju seorang ahli gizi.

Namun, untuk mengonsumsi cangkang telur, Anda harus hati-hati. Frida menjelaskan, cangkang bisa saja terpapar dengan bakteri salmonella. Bila Anda ingin mengonsumsinya, pastikan bahwa cangkang telur yang akan disantap terbebas dari bakteri.

"Anda harus merebusnya terlebih dulu, kemudian keringkan selama satu jam di oven. Tumbuk halus dan bisa digabungkan ke dalam smoothie atau pasta," katanya.

 

via okz

Baca Juga :