5 Bahaya Pakai Lensa Kontak Saat Tidur

lensa kontak


Kebanyakan wanita suka memakai lensa kontak. Alasan nya mungkin karena ingin tampil beda, tampil lebih cantik, atau sekedar ikut tren. Di antara mereka ada yang pakai lensa kontak cuma sebentar, ada juga yang pakai seharian, sampai-sampai tidur pun pake lensa kontak.

Jika Anda termasuk yang suka pakai lensa kontak dalam waktu lama hingga dibawa tidur, maka patut waspada.
Ada bahaya yang menghantui jika Anda tidak menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

Apa saja bahaya memakai lensa kontak saat tidur ?

Inilah lima bahaya tidur menggunakan lensa kontak sebagaimana dilansir dari laman Boldsky, Rabu (30/11/2016):

Mata merah/iritasi

Iritasi pada mata sering terjadi ketika Anda melepas lensa kontak. Akibatnya, masalah itu ditandai dengan mata merah yang lama kelamaan akan membahayakan mata Anda.

Benjolan di mata

Meski memakai lensa kontak sebentar saja saat Anda tidur, risikonya juga mengakibatkan benjolan kecil pada mata. Bahayanya adalah langsung merusak mata Anda..

Peradangan
Jika Anda memiliki kebiasaan tidur dengan lensa kontak sehari-hari, itu bisa menyebabkan peradangan di dalam mata. Jika neo vaskularisasi terjadi di dalam kornea, mata Anda akan rusak.

Infeksi


Tidur dengan lensa kontak juga bisa mengakibatkan terkena infeksi. Ketika permukaan lensa menyebabkan luka mikroskopis pada mata saat tidur, bakteri dapat memperburuk infeksi lebih lanjut. Dalam jangka panjang, hal tersebut dapat menyebabkan penyakit mata.

Kebutaan 

 
Pada kasus yang jarang, tidur dengan lensa kontak juga bisa menyebabkan kebutaan. Ini adalah salah satu alasan berbahaya mengapa Anda harus ingat untuk melepas kontak lensa Anda sebelum tidur.

Baca Juga :