Cara Memperbaiki Laptop Yang Gagal Terkoneksi WiFi Karena Tulisan Limited Acces

Sudah dari kemarin penulis mengalami tidak bisa terkoneksi ke jaringan wifi, meskipun pada saat yang sama ponsel Android penulis bisa terhubung ke wifi, cuma laptop saja yang tidak bisa.

Penyebabnya bermula dari, saat laptop penulis sering mati sendiri jika sedang menonton video di Youtube, atau sedang merender video yang tengah penulis edit. Penyebab laptop yang mati sendiri juga masih simpang siur, entah karena batre yang sudah soak, atau karena harddisk yang mulai bermasalah, sebab di daerah penulis, dulu sering mati lampu yang mengakibatkan seringnya laptop mati mendadak, karena batre yang mulai rusak dan hanya tergantung pada arus listrik dari charger laptop.

Kemarin, saat tengah merender video, laptop penulis langsung mati mendadak. Entah karena terlalu panas, atau karena sebab lain, penulis tidak tahu persis. Yang jelas, saat dihidupkan, koneksi internet yang sebelumnya mau tersambung, kini sudah gagal. Muncul tulisan Limited Acces, atau akses terbatas. Dan pada bar sinyal wifi tercantum tanda seru berwarna kuning.

Banyak cara penulis coba dari internet, yang penulis akses dari ponsel Android yang anehnya mau tersambung ke wifi yang sama. Diantara cara yang penulis lakukan untuk memulihkan laptop agar mau kembali connect ke wifi adalah sebagai berikut.

1. Merestart ulang laptop
2. Mematikan laptop, dan menghidupkan nya lagi setelah beberapa jam kemudian
3. Merestart wireless network adapter yang ada pada laptop penulis
4. Menghapus wifi yang penulis pakai dari list wifi yang pernah terkoneksi, dan menyambungkan ulang
5. Mencoba opsi Disk Defragmenter
6. Mematikan penerima wifi pada laptop, dengan cara menekan tombol Fn + dan F2
7. Menggunakan opsi System Restore (mengembalikan laptop pada pengaturan semula)


Dan kesemua cara tersebut GAGAL untuk membuat laptop penulis bisa kembali terhubung ke wifi yang penulis pakai. Jika dikatakan wifi yang bermasalah, tentu mustahil, sebab hp Android penulis sendiri bisa dan aman - aman saja dalam mengakses jaringan wifi yang sama. Penulis lantas berkesimpulan, berarti laptop nya yang bermasalah.

Usai gagal dalam mencoba 7 cara menghilangkan tulisan limited acces di jaringan wifi itu, penulis lantas beristirahat. Saat tengah berbaring, penulis teringat opsi untuk Chkdsk, atau memeriksa error pada HDD laptop. Barangkali masalahnya disitu, pikir penulis.

Setelah merestart laptop dan saat menghidupkan ulang, pemeriksaan Windows terhadap error yang mungkin ada pada hardisk laptop pun dimulai. Penulis menunggu 30 menit sampai semuanya selesai diperiksa oleh sistem.

Saat dihidupkan ulang, TARAAA..., laptop kembali pulih dan bisa seperti semula, dan kembali terhubung pada wifi yang sebelumnya gagal terus. Tulisan LIMITED ACCES pun hilang, dan lapotp bisa kembali mengakses internet via wifi.

Jika Anda telah mencoba salah satu atau semua cara dari 7 langkah di atas dan masih tetap gagal, maka sudah saatnya Anda mencoba cara saya ini agar bisa terhubung kembali ke wifi dan menghilangkan tulisan peringatan LIMITED ACCES (Akses Terbatas) yang muncul pada jaringan wifi.

Inilah cara yang harus Anda coba untuk mengembalikan laptop Anda seperti semula.

1. Klik tombol START, dan pilih COMPUTER
2. Pada LOCAL DISK (atau partisi C), klik kanan dan pilih opsi Properties
3. Pada Properties tadi, maka klik menu Tools
4. Setelah itu, pada bagian Error Checking, yang ada tulisan 'This option will check the drive for errors' , Anda klik opsi Check Now, seperti gambar di bawah ini


properties local disk

5. Jika muncul opsi selanjutnya, maka pilih opsi yang menerangkan Anda akan melakukan error checking pada saat laptop di matikan dan dihidupkan ulang (restart)
6. Saat laptop dihidupkan, maka pemeriksaan akan berlangsung, tunggu hingga selesai dan laptop akan restart dan hidup kembali otomatis.

Dan hasilnya, laptop Anda akan kembali seperti semula dan tulisan limited acces pun sudah lenyap, seperti yang penulis alami. Kini laptop Anda sudah bisa kembali mengakses internet via wifi seperti seharusnya.

Semoga bermanfaat untuk semua. Bagikan jika Anda merasa ini membantu.
Terima kasih.


Baca Juga :