Sering Ngantuk Usai Makan Siang ? Ini Penyebabnya

menguap


Usai makan siang Anda mulai mengantuk? Awalnya, berpikir akan lebih aktif setelah jam makan siang, tapi rasanya tubuh ini enggan untuk bekerja. Bukan cuma Anda, kebanyakan orang pun merasa ngantuk setelah makan siang.

Menurut Luke Coutinho, ahli gizi dan kebugaran, saat Anda makan lebih dari yang diperlukan tubuh, produksi insulin meningkat. Di sini pankreas memproduksi insulin untuk mengontrol kadar gula darah.

Ketika Anda makan lebih banyak, pankreas harus memproduksi lebih banyak insulin. Hasilnya, tubuh Anda memproduksi hormon tidur. Otak akan memproduksi hormon melatonin, sehingga membuat Anda lebih mengantuk.

Selain itu, jika Anda memilih makanan dengan tinggi karbohidrat, tubuh akan menggunakan energi yang lebih besar untuk dapat dicerna.

"Ketika Anda makan berlebihan, sistem pencernaan Anda menggunakan 60-75 persen dari energi tubuh untuk mencerna makanan. Karena ini, tubuh mengalihkan banyak energi dari bagian lain dari tubuh Anda untuk sistem pencernaan," terang Coutinho.

Energi yang banyak dikerahkan ini cenderung membuat orang mengantuk. Tidak hanya disebabkan oleh makanan berkarbohidrat tinggi, tapi makanan makanan yang tinggi protein juga memiliki dampak serupa.

Jadi, sangat disarankan agar Anda mengonsumsi makanan dalam porsi kecil saja untuk menghindari rasa kantuk setelah jam makan siang. Lagipula, cara ini menunjang produktivitas Anda dalam bekerja.

Baca Juga :