Sakit Asam Lambung, Penyebabnya, Dan Bisakah Diobati ?

asam lambung


Suatu waktu, ketika penulis sedang menyeduh kopi sachet dan menawarkan pada beberapa teman, ada di antaranya yang menolak dan berkata, ''saya tidak bisa minum kopi, sakit asam lambung''.
Sebenarnya, apa penyakit asam lambung itu, dan apa penyebab nya ?

Berikut penjelasan nya.

Penyakit asam lambung disebabkan oleh tidak berfungsinya lower esophagael sphinchter (LES). LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus. LES berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke lambung.

Ketika makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di lambung agar tidak naik kembali ke esofagus. Jika LES menjadi longgar dan tidak menutup dengan baik, asam lambung bisa keluar dari perut dan menyebabkan penyakit asam lambung. Biasanya Anda akan merasa tidak nyaman setelah mengonsumsi makanan. Anda juga akan merasakan sensasi panas di bagian dada atau nyeri ulu hati.

Apakah penyakit asam lambung bisa di sembuhkan ?

Sayang sekali, tidak ada obat asam lambung yang dapat membuat LES berfungsi kembali. LES yang tidak berfungsi ini disebabkan karena LES sudah rusak dan tidak mungkin bisa ‘diperbaiki’. Meskipun begitu, gejala yang ditimbulkan dari asam lambung dapat dikurangi dan di minimalisir.

Cara agar sakit asam lambung tidak kembali kambuh

Jangan takut jika Anda npenyakit asam lambung, cara terbaik agar penyakit asam lambung Anda tidak kambuh dan datang kembali adalah dengan menjaga lambung Anda tetap sehat.

1. Menjaga pola makan teratur

Sumber energi dalam tubuh ialah makanan, jika ada makanan yang masuk ke dalam tubuh, secara otomatis lambung akan memproduksi cairan asam lambung. Ketika tidak ada asupan makanan ke lambung maka menyebabkan cairan asam lambung melumat dinding lambung, dan mengakibatkan rasa perih pada lambung.

2. Jauhi makanan pedas dan asam

Mengonsumsi makanan pedas seperti cabai dapat melukai atau mengiritasi lambung. Sama halnya dengan makanan yang bersifat pedas lainnya seperti merica dan paprika.

3. Banyak olahraga

Untuk menjaga kesehatan lambung, Anda harus menurunkan lemak di perut dan salah satu caranya adalah dengan melakukan olaharaga yang dapat membakar kalori.


Baca Juga :