Telan Biaya Rp 125 Triliun, Bom Atom Ini Jadi Bom Termahal Di Dunia

bom termahal
B61-21, bom atom dengan biaya termahal di dunia


AbhyReinkarnasi.com | Insinyur asal negeri Paman Sam telah berupaya keras dalam beberapa bulan ke belakang untuk mendesain dan menguji B61-21, sebuah bom atom yang dibangun di sebuah laboratorium senjata di Albuquerque, New Mexico.

Melansir halaman motherjones.com, Jumat (15/1/2016), bom ini didesain dengan teknologi sangat canggih yang memungkinkan senjata pemusnah massal ini bisa melumpuhkan targetnya dengan sangat tepat.

Bom atom yang dibuat dengan teknologi ‘Dial-a-yield’ ini memiliki berat 300 ton, hampir 200 kali lebih kecil dibanding bom atom Hiroshima-Nagasaki yang dijatuhkan 70 tahun yang lalu.

Proses pembuatan B61-21 diperkirakan akan selesai pada tahun 2020. Yang mencengangkan, pengembangan senjata ini memakan biaya hingga US$ 11 miliar atau setara dengan Rp 152 triliun. B61-21 pun sukses menjadi bom atom termahal yang pernah dibuat.

Meskipun pengembangan senjata berbahaya ini terus menuai banyak kritik, namun pemerintah Amerika Serikat tetap bersikeras untuk menyelesaikan pengembangan senjata pemusnah massal ini.

Baca Juga :