Tanda Dan Gejala Jika Hati Telah Mati

Tanda Dan Gejala Jika Hati Telah Mati


Anda, saya, dan kita semua tentu pernah melakukan perbuatan yang berdosa, meski tingkatan nya berbeda - beda. Tanpa disadari, dosa - dosa yang kita lakukan menimbulkan noktah hitam yang setitik demi setitik menutupi hati, dan akhirnya gelap sama sekali. Jika sudah tertutup rapat oleh noktah hitam itu, tentu hati kita akan mati.

Lalu, apakah tanda dan gejala jika hati kita telah mati ? Apakah kita semua menyadari, mungkinkah hati kita telah mati akibat dosa yang kita lakukan ? Saya akan menjelaskan sedikit mengenai hal ini, yaitu ciri - ciri jika hati seseorang telah mati, dan sulit menerima hidayah dari Allah SWT.

1.Tidak ada rasa takut sedikitpun akan dosa ketika meninggalkan sholat fardhu.

Padahal dalam agama Islam, meninggalkan dosa secara sengaja itu dosanya lebih besar daripada menghabisi nyawa orang lain dan berzina. Hal ini diterangkan oleh malaikat Jibril kepada Nabi Musa AS.

2. Ketika sedang melakukan dosa besar, merasa tenang - tenang saja.

Padahal dosa besar ganjaran nya adalah neraka, yang panas nya sangat luar biasa. Adalah aneh , jika kita merasa tenang saja dalam melakukan dosa. Mungkin itu lah gejala hati kita telah mati.

3. Enggan membaca Al-Qur'an.

Mungkin banyak dari kita yang mengalami poin ketiga ini. Namun sebaliknya, kita sangat rajin jika membaca novel best seller, buku, majalah, komik, atau koran. Sedangkan untuk kitab suci kita sendiri yang diturunkan berangsur - angsur selama 23 tahun kepada Nabi Muhammad SAW untuk umatnya, enggan kita sentuh.

4. Terus bermaksiat secara konsisten.

5. Gemar membicarakan orang lain dan berburuk sangka, serta merasa dirinya selalu lebih suci jika dibandingkan dengan orang lain.

6. Benci dengan nasehat baik dan benci pada para ulama.

7, Tidak ada rasa takut akan peringatan kematian,kuburan dan akhirat.

8. Tidak peduli darimana ia mendapatkan harta, sibuk mengumpulkan harta.

10. Apatis pada sekitar,bahkan pada keluarganya sendiri

11. Jika ia membenci seseorang, maka ia akan mendendam dengan dendam yang hebat dan mendalam.

12. Sangat pelit, atau kikir.

13. Sangat cepat naik darah karena keangkuhan dan dengki.

14. Suka kepada hal yang berbau syirik, percaya kepada jimat, percaya kepada dukun, dan ramalan.


Sangat benar lah kata Rasulullah, jika baik hati seseorang, maka baiklah semua perilaku nya. Namun, jika hati telah rusak, tertutup dengan bintik hitam yang telah menggunung, maka hati menjadi mati, dan tidak bisa lagi membedakan mana yang baik dan buruk, akibat nya hidup tidak akan terkendali, setan telah menguasai, dan sering berbuat kerusakan dimuka bumi dengan sesuka hati.

Baca Juga :