Cara Membuat Daging Apapun Menjadi Lunak Dan Empuk Sebelum Dimasak

daging sapi


Mengolah daging hewan untuk dimasak itu susah-susah gampang. Selain rasa harus enak dan gurih, tekstur daging juga harus empuk dan lunak, agar mudah dikunyah dan tidak alot.

Contohnya saat membuat rendang, rasanya yang gurih tentu akan semakin mudah dinikmati jika dagingnya renyah dan mudah dikunyah. Untuk membuat daging yang keras menjadi lunak dan empuk, maka Anda bisa mencoba cara berikut :

Trik yang pertama untuk melembutkan daging ialah dengan cara memakai daun pepaya. Kenapa harus daun pepaya ? Sebab disebutkan, daun pepaya mengandung zat yang bernama papain.

Zat papain inilah yang bisa digunakanuntuk melunakkan berbagai jenis daging. Cara untuk memanfaatkan daun pepaya untuk membuat daging menjadi empuk adalah bungkus daging yang mau dilunakkan dengan daun pepaya selama kurang lebih 30 menit. Sebaiknya jangan lebih dari itu, sebab daging akan terlalu empuk dan mudah hancur terburai saat dimasak nanti.

Beralih ke cara yang kedua, yaitu dengan memakai buah nanas. Buah nanas bisa jadi alternatif lain untuk membuat daging sapi jadi empuk kalau ditempat Anda tinggal terlalu sulit menemukan daun pepaya.

Tipsnya, kupas buah nanas lalu ambil daging buahnya baru kemudian daging nanas ini diparut. Nah, hasil parutan buah nanas ini balurkan langsung ke bagian daging yang ingin Anda lunakkan teksturnya secara merata, dan diamkan saja selama kurang lebih satu jam lamanya.

Dengan cara ini, maka Anda akan bisa melunakkan daging yang keras, sebelum Anda masak.

Baca Juga :