Cara Download File Di Google Drive Yang Terkena Limit Dengan Mudah Dan Cepat

tidak dapat mendownload di Google Drive


Bagi yang suka mendownload film, game, atau file - file berukuran besar dari internet, tentu sering mendownload dari berbagai file hosting, salah satunya adalah dari Google Drive.

Kelebihan Google Drive sebagai tempat menyimpan file atau data adalah kecepatan nya yang stabil saat di download ulang oleh kita sendiri atau orang lain, jika kita membagikan tautan atau link untuk mendownload file tersebut. Selain itu juga bebas dari iklan yang mengganggu.

Sebagian situs penyedia game atau film 'hasil tani', kerapkali menaruh file game nya di Google Drive sebagai salah satu alternatif penyimpanan data online selain website seperti Openload, Userscloud, dan lain-lain.

Tentu, untuk menaruh file berukuran raksasa tersebut, para pemilik situs memiliki akun Google Drive unlimited, kelebihan nya bisa menyimpan data tanpa batas dan tanpa batasan bandwith upload dan download. Sebagai perusahaan raksasa, menyediakan server super besar dalam jumlah banyak untuk file hosting mungkin bukan merupakan masalah bagi perusahaan sekaya Google.

Akan tetapi, meskipun menyediakan data storage online gratis, Google tentu memiliki kebijakan khusus juga agar layanan servernya tidak terganggu dengan besar nya jumlah arus lalu lintas download data yang disimpan di servernya.

Bayangkan, jika sebuah film menarik di unduh banyak orang dalam waktu yang sama atau dalam hari yang sama, setidaknya juga akan memiliki efek yang besar untuk kecepatan akses file lain di server Google.

Nah, untuk menjaga kestabilan dan layanan servernya agar tetap bisa beroperasi dengan baik, Google membatasi jumlah download file tertentu dari Google Drive perhari.

Hal ini bertujuan untuk menjaga servernya agar tidak down atau menjadi lelet karena di akses orang banyak dalam waktu yang sama dari berbagai lokasi dari seluruh dunia.

Pembatasan ini yang kadang tidak disukai bagi orang yang mau men-download sebuah file dari Google Drive. Mereka akan terkena 'peringatan' khusus bahwa sudah terlalu banyak orang melihat atau mendownload file tersebut, dan baru akan bisa di-download esoknya lagi.

Namun jika Anda bersikeras untuk tetap bisa men-download file di Google Drive yang sudah terkena limit (batasan) untuk di download per hari tersebut, maka Anda bisa menempuh cara berikut ini.

1. Login dulu ke akun Google Anda.
2. Copy kode berikut ke tab baru browser Anda

https://drive.google.com/file/d/0B-gazBQCIlsrMi1ZeTdpZWxfRWc/view

3. Nah, tulisan berwarna merah di atas, gantikan dengan kode dari link (tautan) dari file yang mau Anda download, contoh kode id nya bisa di lihat di gambar di bawah ini
tak dapat download file dari Google Drive

Jika sudah Anda ganti kode nya dengan kode dari link yang mau Anda download file nya, maka tampilan gambarnya akan jadi seperti berikut

cara download dari google drive

4. Klik logo Google Drive (yang saya lingkari merah) nanti akan keluar tulisan ''Tambahkan ke Drive Saya'', secara otomatis Googel akan mengirim file tersebut ke akun Google Drive Anda.

5. Buka akun Google Drive Anda, dan download file atau data tadi yang telah Anda pindahkan ke akun GDrive anda.

Maka Anda telah selamat dari limit yang ditetapkan Google untuk file tersebut. Sekarang Anda bisa mendownload file apapun dari Google Drive tanpa terkena limit/batasan download perhari lagi, dengan mengikuti cara saya di atas.

Terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat.
Jika artikel ini menarik, mohon bagikan ke teman Anda yang lain.

Baca Juga :