Amalan Agar Mudah Melunasi Hutang

hutang


Di masa sekarang, nyaris semua kebutuhan hidup naik harga-harganya. Dan ini tentu saja memberatkan rakyat kecil dan semakin meningkatkan angka kemiskinan di negara ini.

Tak jarang demi memenuhi kebutuhan hidup yang makin meningkat, sebagian masyarakat memutuskan untuk berhutang. Namun karena penghasilan sedikit, namun kebutuhan memerlukan banyak uang maka jadinya susah bayar utang.

Jika tetangga yang memberikan hutang, mungkin tidak terlalu masalah. Tapi, jika berutang pada rentenir atau utang yang sifatnya berbunga, maka tentu repot dan sangat memberatkan. Saya sarankan, sebisa mungkin hindari utang yang memiliki sistem bunga, selain haram dan itu dilarang dalam agama Islam, dan agar tidak memberatkan Anda saat akan melunasinya.

Namun, jika Anda sudah terjerat dalam utang dan susah melunasi hutang Anda, maka mungkin doa untuk mempermudah membayar hutang ini bisa Anda amalkan agar hutang cepat bisa dibayar.

Dibawah ini adalah agar Anda terhindar dari hutang yang menyulitkan dan menyusahkan.


اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ


Allahumma inni a’udzu bika minal ma’tsami wal maghram

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari berbuat dosa dan sulitnya utang (HR.Bukhari-Muslim).

Jika Anda sudah terjerat hutang dan kesulitan membayar nya, maka bacalah kisah di bawah ini dan amalkan doa tersebut.

Dari Ali RA, ada seorang budak yang ingin memerdekakan diri dari tuan nya dengan dengan syarat membayar sejumlah uang (budak mukatab) yang mendatanginya, ia berkata, “Aku tidak mampu melunasi (uang pembebasan )untuk memerdekakan diriku.”

Ali r.a kemudian berkata, “Maukah kuberitahukan padamu beberapa kalimat yang Rasulullah SAW telah mengajarkannya padaku yaitu seandainya engkau memiliki utang sebesar gunung, maka Allah akan memudahkanmu untuk melunasinya.

Ucapkanlah doa berikut,


اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ


“Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak” 

Artinya: Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu

(HR. Tirmidzi no. 3563, hasan menurut At Tirmidzi, begitu pula hasan kata Syaikh Al Albani)

Jadi, jika Anda sedang mencari-cari amalan yang memudahkan Anda untuk membayar utang, maka amalkan doa di atas setiap sehabis shalat fardhu. Berdoalah dengan yakin, jauhi maksiat, jauhi makanan haram, perbanyak sedekah, maka insya Allah pertolongan Allah akan tiba.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga :