8 Cara Alami Meredakan Batuk Tanpa Obat

batuk


Batuk sering menimpa banyak orang disaat perubahan cuaca yang tidak menentu. Terjadinya batuk diakibatkan sebagai reaksi tubuh untuk membersihkan lendir akibat iritasi di saluran pernapasan.

Ketika batuk menyerang biasanya Anda minum obat batuk dalam bentuk sirup untuk mengatasinya. Memang tidak ada efek samping yang berbahaya dari minum obat batuk selain timbulnya rasa kantuk.

Sementara itu, jika Anda terganggu dengan efek samping tersebut, maka Anda bisa mencoba cara alami di bawah ini untuk meredakan batuk.

Minum teh jahe, lemon, dan madu


Salah satu obat alami terbaik untuk mengobati batuk ialah meminum cairan yang terbuat dari campuran jahe, lemon, dan madu. Jahe mujarab untuk mengurangi iritasi akibat sakit tenggorokan. Sedangkan madu memberi lapisan pelindung pada selaput lendir.

Minum campuran apel dan madu

Saat kamu batuk, kamu perlu minum kombinasi apel dan madu setiap hari untuk mengatur kadar pH dalam tubuh dan melindungi selaput lendir.

Minum sirup herbal

Untuk membuat sirup herbal batuk ini, masukkan bubuk kunyit, kayu manis, dan cabe rawit ke dalam air mendidih. Saring. Tambahkan madu setiap kali kamu akan meminumnya.

Minum teh herbal

Teh herbal seperti teh thyme dan teh licorice memiliki sifat antispasmodik dan antibakteri yang membantu mengendurkan trakea dan otot bronkus sehingga bermanfaat untuk mengobati batuk.

Banyak minum air putih

Minum air putih wajib dilakukan setiap hari saat Anda sedang batuk. Sebab minum air putih akan membuatmu tetap terhidrasi dengan baik serta menurunkan sekresi lendir.

Jauhi minuman soda

Saat batuk, pastikan untuk tidak minum soda dan cairan asam yang bisa merangsang sekresi dan menyebabkan batuk.

Mandi air hangat

Mandi dengan air hangat adalah cara ampuh untuk mengobati batuk karena dapat melembabkan saluran pernapasan.

Jauhi makanan dingin

Memakan makanan yang dingin saat batuk bisa mengeringkan saluran pernapasan dan menyebabkan infeksi lebih parah.


Baca Juga :