Ternyata Ini Manfaat Memelihara Janggut Menurut Medis

janggut


Janggut yang dipelihara rupanya memiliki manfaat untuk laki-laki. Dilansir dari Wonderfulinfo, janggut mampu melindungi wajah dari bahan kimia berbahaya dan polusi udara yang menyebabkan kerusakan sel serta menyebabkan kerutan dan kulit yang buruk.

Janggut dapat melindungi kulit, menjaga kelenjar sebaceous dari infeksi bakteri, sehingga mencegah jerawat atau bintik. Janggut juga melindungi wajah agar lebih hangat dan mencegah penyakit tenggorokan serta gusi.

Sebuah video di Youtube yang diunggah oleh Andreansyah Dwi Wibowo memperlihatkan sebuah penelitian tentang janggut. Penelitian itu dilakukan dengan mengambil bakteri dari janggut dan mengembangbiakannya.

Peneliti menemukan lebih dari 100 spesies bakteri berbeda. Hampir semua bakteri itu ada di kulit yang tak berjenggot. Akan tetapi, para peneliti tidak menemukan apa pun yang membahayakan.

Justru mereka menemukan hal menarik. Dengan menggunakan alat optik, peneliti menemukan bakteri yang membuat area kehidupan di sekitar jenggot dan memproduksi bulatan antibiotik.

Hal ini serupa seperti yang ditemukan oleh Alexander Fleming saat ia menemukan penisilin. Video tersebut mengungkap pesan bahwa janggut itu aman dan bahkan bisa memegang kunci untuk generasi antibiotik berikutnya.

Dalam ajaran Islam, beberapa hadis menyebutkan anjuran agar setiap Muslim memelihara janggut atau jenggot, sedangkan kumis dipotong pendek atau dicukur hingga habis.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Potong pendeklah kumis dan biarkanlah (peliharalah) jenggot.”(HR.Muslim)

Baca Juga :