Minum Kopi Bikin Sakit Perut ? Ini Penyebabnya

segelas kopi

 

AbhyReinkarnasi.com - Menyeruput segelas kopi bisa membuat Anda lebih konsentrasi. Namun, terlalu banyak minum kopi dapat menyebabkan perut mulas. Apa sebabnya ?

Direktur Digestive Health Center di Georgia Regents University, Satish Rao, MD, PhD menjelaskan, hal tersebut terjadi karena kafein meningkatkan kontraksi di usus. Hasilnya, kontraksi usus akan mendesak kotoran menuju rektum.

Dua dekade lalu, Rao dan timnya merekrut 12 orang untuk dipakaikan probe anak dengan sensor yang mengukur aktivitas tekanan dari sejumlah titik dan rektum. Selama 10 jam, subjek penelitian meminum kopi mengandung kafein dalam jumlah sama, kopi tanpa kafein, dan air panas, serta makan 1.000 kalori.

Tim peneliti terkejut, karena mereka menemukan bahwa kopi mengandung kafein menyebabkan kontraksi paling tinggi, yaitu 60 persen lebih besar dari kontraksi dipicu oleh air panas dan 23 persen lebih kuat dari kopi tanpa kafein.

Hal ini menunjukkan, kafein yang dikenal sebagai stimulan bukan satu-satunya penyebab kontraksi usus. Para ahli memiliki teori bahwa ratusan senyawa memicu produksi hormon tertentu dalam tubuh, seperti motilin yang merangsang kontraksi usus atau gastrin menyebabkan sekresi asam di perut. Saat itulah, seseorang akan buang air besar.

Selain itu, menurut Rao, usus juga menjadi dua kali lebih aktif di pagi hari, karena irama sirkadian tubuh. “Jadi, setelah sarapan dilanjutkan minum kopi akan memicu kontraksi usus, sehingga membuat seseorang terburu-buru ke toilet,” ujar Rao yang dikutip Prevention, Rabu (27/01/2016).

Untuk itu, guna menghindari masalah pencernaan di pagi hari, sebaiknya jangan minum kopi 2 jam setelah bangun tidur. Hal ini akan memberikan waktu usus untuk beristirahat.

okz

Baca Juga :