Kenapa 'Si Bujang' Berwarna Gelap Ya ? Ooh... Ini Penyebabnya

pisang hitam


AbhyReinkarnasi.com - Untuk pria, pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa 'si bujang' berwarna lebih gelap dari bagian tubuh kamu yang lain? Dokter Shaunak Patel menyebutkan melalui medicaldaily.com, bahwa organ vital dan areola secara alami akan menjadi gelap secara alami selama masa pubertas.

Ketika para pria mengalami masa pubertas, tubuh mereka akan memproduksi lebih banyak hormon adrenalin dan androgen. Hormon androgen bertanggungjawab untuk karakteristik seksual sekunder seperti rambut wajah dan tubuh sekaligus menyajikan pigmentasi bagi kulit.

Hal ini terjadi ketika androgen merespon melanosit, atau sel-sel kulit yang memproduksi melanin yang menghasilkan selangkangan gelap tampak dan skrotum. Adapun mulut dan daerah genital, bibir menghasilkan lebih pheomelanin. Hal ini menunjukkan bahwa hanya dengan terlihat lebih merah, organ vital juga terlihat lebih gelap.

Selain pubertas, faktor lain yang dapat memengaruhi pigmentasi, terutama di pangkal paha dan skrotum (kantong kemenyan) adalah gesekan kulit. Kulit menebal dengan adanya gesekan kronis. Ketika ada gesekan pada satu daerah tubuh maka dari waktu ke waktu seseorang akan memiliki tekstur kulit yang lebih keras yang disertai dengan warna gelap yang ringan.

Tak hanya itu, beberapa kondisi medis juga dapat memainkan peran dalam hal membuat 'si bujang' kamu berwarna lebih gelap. Kondisi di mana hormonal atau kadar gula tak seimbang dapat menghasilkan lebih banyak pigmen. Selain itu, obesitas juga bisa menghasilkan kulit gelap di beberapa bagian tubuh,seperti paha, dan alat vital. {mdk}

Baca Juga :