Acer E5-552G, Laptop Gaming Murah, Andalkan RAM 8GB


AbhyReinkarnasi.com - Laptop dengan spesifikasi tinggi yang bisa me-render dan bisa untuk memainkan game berat umumnya dipatok dengan harga di atas Rp 10 juta. Contohnya seperti lini seri Asus ROG (Republic of Gamer), Dell Alienware. Bagi kamu yang punya dana terbatas, mungkin cuma bisa bermimpi dan menabung sedikit demi sedikit untuk membeli laptop yang kamu inginkan tersebut.

Tapi kini kamu tak usah khawatir karena saat ini kamu bisa mendapatkan laptop dengan spesifikasi tinggi di bawah Rp 10 juta, yaitu Acer E5-552G.

Selain lumayan untuk membantu pekerjaan sehari-hari, laptop yang dijual dengan harga Rp 7,9 juta ini dapat 'disiksa' untuk menjalankan game berat atau me-render gambar dan video.

Ingin tahu lebih jelas seperti apa performanya? Simak ulasan lengkap berikut ini.

Desain

Acer E5-552G


Soal desain, laptop Acer E5-552G dibalut warna hitam pada bagian atas, dan tersemat logo Acer berwarna merah pada penampangnya. Saat disentuh, bagian atas laptop terasa solid dan tidak terasa plastik seperti laptop pada umumnya.

Pada salah satu sisi bodinya, tertanam sebuah konektor USB 2.0 yang bersebelahan dengan ODD, atau DVD writer. Pada bagian paling ujung juga terdapat konektor charger untuk melakukan pengisian daya baterai.

Sisi lainnya, tersemat ventilasi udara yang berfungsi untuk membuang hawa panas. Terdapat pula konektor display, seperti HDMI dan VGA, koneksi LAN, dua buah USB 3.0, serta jack audio. Konektivitas yang diberikan laptop ini bisa dibilang cukup lengkap dan mampu mengakomodasikan semua keperluan Anda.

Pada bagian bawah, dapat dilihat bahwa laptop ini menggunakan baterai yang tidak dapat dilepas. ACER E5-552G sudah menggunakan teknologi baterai terbaru yang mampu mematikan koneksi asupan daya saat baterai penuh secara otomatis.

Acer E5-552G


Soal dimensi, laptop ini memiliki bodi yang tidak terlalu tebal yaitu 2,9 cm dengan panjang 38 cm dan lebar 25,6 cm. Berat dari laptop ini sendiri adalah 2,4 Kg, cukup ringan untuk sebuah laptop gaming.


Spesifikasi

Di bagian jeroan, ACER E5-552G ini menggunakan keyboard lengkap, dengan adanya numpad, layaknya keyboard untuk desktop.

Laptop Acer E5-552G ini dilengkapi layar seluas 15,6 inci dan menggunakan panel TN. Walaupun masih menggunakan jenis panel tipe TN layaknya laptop mainstream pada umumnya, ACER E5-552G ini tetap dapat digunakan di outdoor dengan nyaman.

Soal spesifikasi, laptop ini ditopang prosesor AMD Quad-Core Processor FX-8800P with Turbo Core Technolog up to 3,40 GHz, VGA AMD Radeon R8 M365DX 2GB, RAM 8GB DDR3L Dual Channel (2x4GB), dan hardisk 1TB

Dengan spesifikasi yang disuguhkan, kamu sudah tidak perlu repot untuk melakukan upgrade pada laptop.

Kinerja

APU generasi keenam dari AMD yang tertanam di laptop ini memiliki beberapa fitur HEVC yang jarang ditemukan di laptop lain. HEVC atau yang disebut High Efficiency Video Coding merupakan standar coding terbaru untuk memutar film.

HEVC yang disebut juga H.265 merupakan pengganti dari H.264 yang masih sering digunakan saat ini. Perbedaan mencolok dari H.264 dengan H.265 adalah H.265 sudah mendukung penggunaan hardware dedicated untuk melakukan proses kompresi saat digunakan untuk memainkan video.

Hasil yang didapat adalah hampir tidak digunakannya prosesor untuk kompresi, yang membuat prosesor tidak bekerja keras, tidak cepat menghabiskan baterai, dan kualitas video yang mampu dijalankan yakni Ultra HD atau 4K hingga 60 fps.

HEVC sendiri sudah ditanamkan di chip Carrizo, sehingga menonton 4K lebih nyaman dan tahan lama dengan Carrizo.

Kemampuan Grafis

ACER E5-552G dipersenjatai dua buah graphics, yang mana IGP-nya sendiri sudah menggunakan R7 dan diskritnya R7 M360, yang dapat dijalankan secara dual-graphics dan diberi nama R8 M365DX.

Saat digeber dengan game berat Tomb Raider pada setting-an normal, rata rata yang didapat adalah 36 fps, di mana tergolong nyaman dan lancar dimainkan di laptop ini.

Saat menjalankan game GTA V, laptop ini juga masih mampu menjalankannya dengan lancar. Dengan setting-an seperti gambar di atas, game tersebut masih mampu dijalankan dengan rata-rata 30 fps hingga 50 fps.

Baca Juga :