7 Tanda - Tanda Kehamilan, Meski Belum Terlambat Menstruasi

tanda hamil



Bagi pasangan yang sudah menikah, kehamilan adalah hal yang dinanti - nantikan. Tentu saja, memiliki anak adalah anugrah bagi setiap pasangan. Bahkan Nabi Muhammad SAW pun menyuruh umatnya agar memperbanyak anak. Agar Nabi Muhammad kelak bisa membanggakan jumlah umatnya yang banyak di hadapan para Nabi lain nya di Padang Mashyar nanti.

Ciri utama kehamilan adalah terlambat datang bulan atau menstruasi bagi wanita. Namun, jika menstruasi Anda tidak terlambat, ada ciri -ciri lain yang layak diperhatikan sebagai tanda kehamilan ? Apa saja ciri - ciri kehamilan tersebut  ? Ini dia tanda - tanda nya :

1. Merasa mual

Mual yang Anda alami sebelum Anda memperoleh menstruasi adalah merupakan tanda kehamilan. Umumnya mual sering disebut dengan istilah morning sickness. Kenapa mual ? Ya, diakibatkan oleh meningkatnya kadar hormon progesteron dan hormon estrogen.

Efek dari peningkatan kedua hormon tersebut adalah pencernaan Anda menjadi lambat dan tubuh tak bisa berlama - lama menahan makanan di dalam. Jika Anda mengalami mual secara konsisten, tak ada salahnya memeriksakan diri bersama suami ke dokter.

2. Payudara bengkak dan lebih lembut

Buah dada atau payudara dirancang untuk memberikan asupan makanan pada bayi manusia. Jika Anda merasa payudara anda lebih sensitif, mudah geli, mudah nyeri, lembut, berat, agak berisi, lebih penuh serta lebih besar, maka kemungkinan besar Anda sedang hamil.


3. Mudah kelelahan

Kadar hormon progesteron yang meningkat mengindikasikan bahwa tubuh Anda mulai mempersiapkan kehamilan hingga menjadi mudah lelah.

4. Kebiasaan makan berubah

Jika sebelumnya Anda benci pada makanan tertentu namun kini malah menyukai nya atau ngidam pada makanan tersebut, bisa jadi Anda sedang mengalami kehamilan.
Segera periksakan diri Anda ke dokter kandungan.

5. Adanya flek darah

Jika Anda menemukan flek darah pada celana dalam Anda, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang hamil.  Umumnya flek darah tersebut berwarna merah muda atau coklat muda, dan sering kali hanya berbentuk bercak.

6. Perubahan emosi secara mendadak

Jika Anda mengalami perubahan emosi secara berlebihan dan tidak wajar, mungkin itu akibat pengaruh hormon yang diakibatkan oleh kehamilan Anda. Segera periksakan diri ke dokter untuk kepastian kehamilan Anda.

7. Sakit punggung dan sakit kepala

Sakit punggung merupakan hal yang rata - rata hampir dialami oleh semua perempuan yang hamil di awal masa - masa kehamilan.
Sedangkan sakit kepala terjadi karena otak  pasokan gula akibat perubahan hormon dalam tubuh.


Itulah ciri - ciri kehamilan pada wanita meski belum telat menstruasi. Untuk hasil lebih akurat, silahkan gunakan testpack dan kunjungi dokter kandungan terdekat.

Baca Juga :