Manfaat Buah Melon



Bagi teman - teman yang suka buah melon,ini ada info menarik tentang buah melon untuk anda.

Manfaat dari buah melon yaitu:

- Anti kanker
Buah melon mengandung karotenoid yang tinggi sehingga buah ini dapat mencegah kanker dan juga menurunkan resiko serangan kanker paru-paru. Buah melon dapat mencegah serta membunuh bibit-bibit kanker yang akan menyerang tubuh kita. Jadi usahakan mengkonsumsi melon agar terhindar dari penyakit kanker.

- Anti stroke/jantung
Melon mengandung antikoagulan yang disebut adenosine, yang mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat memicu timbulnya penyakit stroke atau jantung. Jadi, buah melon akan membantu melancarkan darah dalam tubuh sehingga beresiko kecil timbulnya penyakit stroke atau jantung.

- Melancarkan BAB
Buah melon dapat melancarkan BAB (baung air besar) bila kita mengalami masalah pencernaan maka makanlah melon agar dapat mudah dan lancar buang air besar. Kandungan air yang ada dalam buah melon sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Kandungan mineral ini mampu menghilangkan keasaman tubuh yang perlu dihilangkan karena dapat mengganggu pencernaan, khususnya pada organ lambung.

Kandungan Buah Melon

Buah melon banyak mengandung Vitamin A, B dan C serta mengandung protein, kalsium dan fosfor. Kandungan nutrisi buah melon adalah 15,00 mg kalsium; 25,00 mg fosfor; 0,5 mg besi; 34 mg Vitamin C; 640 mg I.U Vitamin A; dan 0,03 mg Vitamin B1. Buah melon mempunyai daya diuretik yang sangat baik sehingga bisa menyembuhkan penyakit ginjal dan penyakit eksim yang parah dan akut. Jika dikombinasikan dengan buah lemon, maka buah melon dapat menumpas penyakit asam urat. Jadi ada baiknya Anda mengkonsumsi buah melon sehari sekali secara rutin pada pagi hari.





Tips membeli dan menyimpan buah melon

1. Berat buah melon harus terasa sesuai ukurannya, bebas dari memar dan retak.



2. Kulit melon harus kering dengan warna yang seragam, dan bentuk buahnya bundar. Gurat-gurat ‘jaring’ pada kulit melon mesti menonjol di seluruh permukaan kulit

3. Bagian ‘pantat’ melon mesti berbau harum dan bisa ditekan dengan tekanan ringan ibu jari tangan. Bagian ini juga mesti berwarna pucat dengan jaring-jaring yang lebih renggang.

4. Jangan memilih melon yang masih ada tangkai buahnya. Tangkai ini akan memisah sendiri ketika melon sudah masak pohon. Kalau bekas ujung tangkai buah kelihatan dipotong paksa, berarti melon itu sudah dipanen sebelum masak.


5. Melon utuh bisa disimpan dalam kulkas selama 10 hari. Bisa juga disimpan dalam suhu kamar 2-3 hari agar lebih lunak. Dari semua keluarga melon, hanya melon honeydew yang bisa makin masak ketika disimpan. Yang lainnya hanya melunak, namun aromanya tidak meningkat.

6. Jika sudah dipotong, melon bisa disimpan 2-3 hari dalam kulkas, dan bisa lebih lama jika dibekukan. Melon yang sudah dipotong dua dan disimpan di kulkas sebaiknya bijinya jangan dibuang dulu. Biji-biji ini berguna untuk mencegah daging buah melon mengering.

7. Melon yang matang berbau harum dan tajam, dan aroma ini bisa menyebar ke makanan lain. Melon juga menyerap aroma makanan lain. Melon potongan yang disimpan dalam kulkas mesti dibungkus rapat dengan plastik
Sebelum memotong melon, cuci melon dalam air hangat bersabun, untuk membuang kotoran yang ada di permukaan kulit buah, yang bisa terbawa oleh pisau pemotong ke dalam daging buah.


8. Umumnya melon akan punya citarasa lebih enak jika ditambah perasan buah jeruk lemon dan disajikan pada suhu ruang.



Baca Juga :